Postingan di akhir Februari mengenai Manfaat / Kegunaan Website buat teman-teman yg belum tau banyak manfaatnya :)
1.
Sarana Penjualan Produk
Jika Anda punya produk barang atau
jasa yang ingin dipasarkan di internet, maka Anda harus punya website. Website
itu fungsinya adalah sebagai alat untuk memperkenalkan produk Anda kepada dunia
internet. Dengan banyaknya pemakai internet, Anda punya peluang untuk
mendapatkan calon pembeli dengan jumlah yang cukup banyak juga.
2. Mempermudah Komunikasi
Lewat
website, Anda bisa berkomunikasi dengan mudah. Entah itu dengan klien Anda,
dengan teman-teman Anda, dengan calon konsumen dan sebagainya. Website modern
itu dilengkapi dengan berbagai fitur komunikasi yang memungkinkan kita
berbicara dengan pengelola website.
Adanya kotak
komentar di website, adanya form contact adalah sebagian kecil dari cara
komunikasi lewat website.
3. Memperkenalkan Profil Perusahaan Anda
Semakin
dikenall profil maka akan makin terkenal profil tersebut. Sebuah perusahaan
atau organisasi tentu mau jika profilnya dikenal luas. Untuk itu memilih
website sebagai media publikasi profil perusahaan adalah salah satu cara yang
inovatif.
4. Mendatangkan Calon Konsumen
Sebuah
website juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendatangkan calon
konsumen. Banyak perusahaan yang bisa menggaet klien dari luar daerah
atau bahkan luar negeri lewat website yang mereka miliki. Seperti yang kita
ketahui, jumlah pengunjung website tidak hanya dari Indonesia, tetapi dari luar
negeri. Bahkan blog ini saja sering mendapatkan kunjungan dari luar negeri,
terbukti dari banyaknya komentar asing yang masuk ke blog ini.
5. Menjadi Sarana Publikasi Resmi Perusahaan Anda
Lewat
website, perusahaan Anda bisa menjadikannya sebagai sarana publikasi resmi.
Misalnya perusahaan Anda mengadakan undian berhadiah, maka informasi seputar
kegiatan tersebut bisa ditampilkan lewat website yang dimiliki. Bahkan, hampir
semua perusahaan dituntut untuk memiliki website.
6.
Branding
Membangun branding juga sangat
penting bagi perusahaan. Nah peran membangun branding juga bisa dilakukan lewat
website. Banyak website yang didesain secara khusus dan memiliki ciri khas
tersendiri dari suatu perusahaan. Untuk itu branding lewat website juga perlu
lho .
7.
Kemudahan Memberi Informasi
Dengan memiliki sebuah website,
perusahaan akan mudah untuk mengupdate informasi terbaru. Seperti jadwal
kegiatan, berita terbaru, dan lain sebagainya. Dengan adanya website, konsumen
maupun calon konsumen tetap bisa mengetahui perkembangan terbaru dari perusahaan
Anda meski jaraknya sangat jauh.
Selain itu, umumnya konsumen akan
lebih suka berinteraksi dengan customer service perusahaan lewat sebuah website
karena kepraktisannya.
8.
Kemudahan Melakukan Polling
Polling juga merupakan sarana untuk
mengetahui keadaan dan keinginan konsumen atau calon konsumen saat ini. Lewat
website, kita bisa membuat polling dengan mudah dan praktis namun bisa
dimaksimalkan. Di internet ada banyak penyedia layanan pembuatan form isian
polling yang bisa Anda tampilkan di website Anda. Dengan kemudahan ini, tentu polling
juga bisa dilakukan lewat website Anda.
9. Menimbulkan Kesan Profesional
Sebuah
perusahaan yang memiliki website, sudah pasti akan mendapatkan perhatian lebih
dari perusahaan yang belum memiliki website. Konsumen maupun calon konsumen
pasti akan melihat lebih dulu kepada perusahaan yang sudah memiliki website.
Itulah sebabnya perusahaan harus punya website.
10. Mencari Partner Baru
Banyak
perusahaan yang terkadang membutuhkkan partner untuk saling bekerja sama. Nah
dengan mempublikasikan perusahaan Anda lewat website yang dioptimalkan, akan
semakin banyak orang yang tahu mengenai keberadaan dan eksistensi perusahaan
Anda. Dari sana mungkin saja perusahaan Anda bisa menemukan partner bisnis yang
cocok dan menguntungkan.
- Meningkatkan
visibilitas/kehadiran perusahaan
Dengan membuat website perusahaan berarti menambah visibilitas/kehadiran perusahaan. Bisa diibaratkan perusahaan membuka showroom (ruang pamer) yang baru - Menyediakan informasi profil perusahaan secara detail
Pada saat suatu perusahaan berhubungan dengan perusahaan lain yang baru dikenalnya (misal baru saja menerima penawaran), mungkin dia akan mencari tahu lebih mengenai profil perusahaan yang baru saja memberikan penawaran. Perusahaan ini harus mengetahui profil dari perusahaan lain yang mungkin akan menjadi rekanan perusahaan tersebut. Perusahaan tersebut dapat mencari informasi lebih dalam dalam website perusahaan rekanan. - Mengkomunikasikan produk dan jasa perusahaan secara
mendetail
Dalam proses pemasaran, mungkin kita melakukan iklan di koran/majalah, iklan pada sebuah papan reklame, atau membuat brosur. Tempat/space yang disediakan dalam koran/majalah, papan reklame atau brosur pasti dibatasi dan tidak mudah untuk diubah informasinya.
Sedangkan dalam website kita dengan mudah menambah informasi yang lebih mendetail dari produk-produk atau jasa-jasa yang kita tawarkan. Jika perusahaan kita memiliki website maka kita hanya perlu meninggalkan alamat website/situs kita di dalam koran/majalah, papan reklame atau brosur untuk memudahkan orang atau perusahaan mendapatkan informasi lebih detail mengenai produk atau jasa yang kita ditawarkan. - Mengingatkan calon pelanggan yang lupa
Dalam proses pemasaran, calon pelanggan menerima informasi mengenai perusahaan dan jasa kita yang mungkin didapat melalui presentasi, melihat brosure, browsing atau melihat iklan. Calon pelanggan mungkin kehilangan kartu nama perusahaan kita dan saat membutuhkan jasa kita dia akan mencari di internet(search engine) dan melakukan pencarian dengan keyword nama perusahaan kita. Jika kita sudah memiliki perusahaan, maka calon pelanggan akan dengan mudah menemukan website kita dan kemudian menghubungi kita dan kita dapat menjual jasa/produk kita. - Memudahkan pelanggan menghubungi kita
Seperti kasus sebelumnya, pelanggan mungkin kehilangan kartu nama atau nomor telepon perusahaan kita. Pelanggan tentu mengingat nama perusahaan kita, kemudian melakukan pencarian di internet , mencari perusahaan kita, menemukan dan menghubungi kita kembali. - Meningkatkan kualitas layanan pelanggan
Dalam website kita dengan mudah menambahkan informasi-informasi yang terkait dengan produk atau jasa kita. Kita dapat menambahkan informasi mengenai hal-hal yang memecahkan persoalan yang mungkin dihadapi pelanggan. Informasi ini dapat langsung dibaca pelanggan atau sebagai pedoman bagi bagian support. Dengan demikian pelanggan mudah mendapatkan informasi mengenai keluhannya dan bagian support juga dipermudah dalam melayani pelanggannya.
Pelanggan dapat mencari sendiri mengenai jawaban atas keluhannya atau mengisi form support jika gagal menemukan. Setelah form support lengkap diisi, team support akan menrima keluhan pelanggan dan menindaklanjuti.
Pelanggan dapat masuk ke website kita siang ataupun malam. Dengan cara ini pelanggan dapat dilayani 24x7 atau 24 jam sehari.
Dengan adanya website kita mempunyai peluang meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas akan terus menggunakan produk atau jasa kita, merekomendasikan perusahaan kita kepada orang lain dan meningkatkan pendapatan perusahaan. - Meningkatkan
kredibilitas perusahaan
Perusahaan yang memiliki website akan terkesan maju dan modern. Dengan demikian maka kredibilitas perusahaan akan meningkat.
1.Tempat menjual produk dan jasa
2.Berinteraksi dengan calon customer
3.Memperkenalkan profil perusahaan
4.Meningkatkan branding perusahaan
5.Sebagai media informasi online
6.Menjaring customer baru dan partner baru
7.Perusahaan anda semakin terkenal
Nah sudah sangat jelaskan bagaimana sangat membantunya WEBSITE dalam Promosikan Bisnis kalian :)
Berminat membuat website atau Ingin Info lebih lanjut bisa hubungi kami di :
Office : Poris Paradise 3 Blok B5 No.3 Tangerang
Telp : 021 294 336 00
Email : yaya@lawavedesign.com / Lawavedesign@yahoo.com ( *khusus yg berminat dengan web)
bermanfaat sekali.. saya mau tanya,klw mau mengedit script sendiri itu gimana ya? apakah sama seperti melakukan di blogspot ?
BalasHapus